INFO DUNIA PERIKANAN

Home » Budidaya Air Tawar » Kolam Ideal untuk Memelihara Ikan Koi

Kolam Ideal untuk Memelihara Ikan Koi

Nishikigoi, nama asli ikan koi yang berasal dari Jepang mudah sekali dibudidayakan, asal kolam yang disiapkan memenuhi standar pemeliharaannya. Kolam ideal untuk

Kolam-Koi1.jpg

ikan koi terbuat dari beton, semen atau batuan basal yang biasa dibuat di halaman rumah. Pada tempat budidaya ikan koi luas kolam ideal sekitar 2 m x 3 m dengan kedalaman 1,8 m. Namun, bila ingin memelihara di halaman rumah bisa dengan ukuran tak beraturan mengikuti keinginan dengan luas sekitar 1 m x 2 m dan kedalaman cukup 0,8 m. Hal ini menyesuaikan jumlah ikan koi yang dipelihara dengan jumlah padat tebar per meter persegi 15-25 ekor. Kolam ikan koi untuk halaman maupun budidaya diupayakan dengan konstruksi yang dibuat miring dan tanpa ada sudut di setiap sisi, agar tidak ada kotoran ikan koi yang terkumpul di pojok, sehingga mudah dalam filterisasi. Kedalaman kolam sangat diperhatikan terutama agar sinar matahari tetap bisa menjangkau kolam sehingga mengurangi potensi bakteri dan suasana anaerob tinggi pada kolam. Kolam juga bisa dimodifikasi dengan memberikan bentuk ornamen menyerupai bebatuan atau ditambahkan keramik untuk memberikan kesan prestise alami.

Aerasi dan Filterisasi Kolam Ikan Koi

Di luar aspek konstruksi kolam, keberhasilan budidaya ikan koi juga bergantung pada filterisasi dan aerasi kolam. Tujuan filterisasi dan aerasi ini untuk menstabilkan suasana kolam dan kualitas air ideal yang disukai ikan koi. Kualitas air yang dimaksud meliputi kandungan oksigen 2,8-4 ppm, kadar nitrit dan amonia dibawah 0,4 ppm, suhu perairan maksimal 29°C, pH air sekitar 6,8-8 dan volume air yang cukup untuk mobilisasi. Pemasangana aerator dapat menjaga kadar oksigen perairan dan mengurangi stress lingkungan ikan koi. Pembuatan air mancur di atas permukaan kolam dapat membantu menjaga kualitas air dan menggantikan fungsi aerator. Filterisasi kolam bisa dibuat dengan berbagai metode dan alat. Pada kolam pembudidaya lazim menggunakan drainase yang memiliki banyak lubang untuk mengatur aliran air sehingga secara otomatis air kotor akan diregulasi dengan air bersih. Pada bagian permukaan beton kolam dilapisi dengan batuan zeolit maupun charcoal dan bioball untuk mereduksi kadar nitrit. Pemasangan mesin aerasi dengan banyak gelembung di setiap sudut dan penyinaran lampu dapat menjaga ikan dari stress fisik karena kepadatan kolam.

Filterisasi Sederhana Kolam Ikan Koi di Taman Rumah

Ikan-Koi-Unggul.jpg

Namun, bagi penggemar koi tak perlu risau karena metode sederhana sekalipun dapat didesain dan memiliki fungsi filterisasi optimal. Desain filter kolam tersebut tentunya dengan syarat hanya untuk ukuran kolam taman hias halaman rumah. Untuk kolam hiasan taman, metode sederhana yang bisa digunakan di taman rumah dapat dilakukan dengan menempatkan drainase satu pintu (bottom drainage) di sudut paling rendah dari kolam.Penggantian air kolam berkala setiap 2 minggu dapat dilakukan bahkan bisa lebih dari itu apabila kualitas air masih baik. Penambahan tanaman laut dan batu-batuan alam yang bisa menyerap karbon, nitrit dan amonia merupakan cara efektif menjaga kualitas air dari keracuanan. Disamping itu perlu usaha yang rutin untuk membersihkan kotoran dipermukaan yang dapat dilakukan dengan pengambilan manual menggunakan net atau alat surface flow. Penambahan ornamen seperti air mancur pengganti aerator, unsur batu-batuan dan hiasan tanaman di sekitar kolam juga dapat memperindah kolam.

 

sumber: http://pecintasatwa.com/kolam-ideal-untuk-memelihara-ikan-koi/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2016
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: