INFO DUNIA PERIKANAN

Home » Budidaya Air Tawar » 20 Varietas Ikan Koi yang Indah untuk Dipelihara

20 Varietas Ikan Koi yang Indah untuk Dipelihara

PecintaSatwa.com – Ikan koi memang sangat mirip dengan ikan mas yang sering kita lihat. Sebagai orang awam mungkin menganggap bahwa ikan koi juga adalah ikan mas, namun kedua ikan tersebut tentu saja berbeda. ikan mas memiliki warna sisik di seluruh tubuh yang didominasi kuning keemasan. Lain hal nya dengan ikan koi yang memiliki corak warna kombinasi merah, putih, hitam, dan keemasan. Ikan koi yang notabene asli dari Jepang, dibawa langsung pada zaman penjajahan dahulu, membawa filosofi estetika, keberuntungan, dan cinta. Sejak dahulu hingga sekarang, ikan koi banyak dipelihara di kolam depan rumah, bentuknya yang indah selalu menarik perhatian baik oleh penghuni rumah maupun tamu.

Terdapat banyak jenis-jenis ikan koi yang bisa kita temui di kompetisi maupun pembudidaya ikan koi. Kebanyakan varietas ikan koi dibedakan namanya berdasarkan corak warna dan  bentuk tubuhnya.

Berikut jenis-jenis ikan koi yang bisa kita pelihara dan budidayakan :

  1. Kohaku

Ikan koi kohaku disinyalir sebagai ikan koi generasi pertama. Ikan ini memiliki ciri warna dasar putih dan corak merah disekitar tubuhnya. Warna putih sangat cerah sehingga tampak mengkilat apabila didukung dengan kualitas air yang baik.

  1. Sanke

Ikan koi sanke memiliki ciri yang hampir mirip dengan ikan koi kohaku namun dibedakan oleh warna hitam ‘tutul’ pada bagian kombinasi putih dan merahnya.

  1. Kumonryu

Ikan koi kumonryu memiliki warna dasar putih keabu-abuan dengan corak hitam yang bisa ditemui memanjang dari pangkal kepala sampai ekor.

  1. Beni Kumonryu

Ikan koi ini masih satu varietas dengan famili kumonryu hanya saja ada tambahan corak merah di antara warna dasar putih hitam yang mengisi seluruh tubuh.

  1. Showa

Sekilas mirip ikan koi sanke namun sebaliknya, warna dasar sisik ikan adalah merah dengan putih dan hitam sebagai coraknya. Ikan showa juga memiliki tanda khas yakni titik hitam di kepalanya.

  1. Tancho

Ikan koi Tancho ini lebih mirip dan mudah dikenal karena memiliki corak seperti bendera kebangsaan Jepang. Ikan ini memiliki warna dasar putih dengan ‘tutul’ merah pada kepalanya.

  1. Masukawabake

Ikan koi varietas ini memiliki warna dasar putih atau abu-abu dengan bintik-bintik warna hitam terutama daerah perut. Sirip ikan masukawabake ini juga lebih lebar jika dibandingkan dengan ikan kumonryu.

  1. Goshiki

Ikan koi jenis ini sepintas memiliki warna dasar putih namun apabila diamati akan tampak transparan seperti warna hitam di dalam warna putih. Tanda khas gradasi warna hitam dan corak berwarna merah di antara warna putih merupakan tanda khas ikan koi Goshiki.

  1. Goromo

Ikan koi Goromo memiliki warna merah senja dan khas kuning kehitaman pada tepian warna tersebut. Kombinasi warna itu menutupi warna putih sebagai warna dasar ikan ini.

  1. Kujaku

Ikan kujaku memiliki warna dasar putih silver dengan warna hitam ditengah-tengahnya. Tampak pula corak warna orange pada bagian kepala hingga bagian punggung ikan.

  1. Utsuri

Ikan koi dengan warna inti hitam dengan corak putih selang seling menyerupai zebra. Ikan ini memiliki sirip yang lebar dominan hitam dan tepian warna biru.

  1. Ki Utsuri

Ikan koi ini masih dalam famili Utsuri dengan warna dasar hitam namun bercorak kuning keemasan. Ikan Utsuri varietas ini paling sulit didapatkan karena pemijahannya yang tidak seoptimal varietas yang lain.

  1. Doitsu Midori

Ikan koi ini memiliki warna dasar putih dengan warna kuning di bagian punggung. Pola warna kuning tampak pada bagian kepala, sirip punggung hingga ekor.

  1. Chagoi

Ikan ini mirip dengan ikan mas namun sangat berbeda apabila diamati pada kilatan sisiknya. Berbeda dengan ikan mas, ikan Chagoi ini berwarna dasar coklat pada seluruh tubuh dan tidak mengkilat. Ada kalanya ditengah bagian sisik berwarna lebih gelap sehingga tampak coklat kehitaman.

  1. Ochiba

Ikan koi ini memiliki warna dasar coklat dan diselingi putih keabu abuan. Ikan ini kadang berwarna kuning dengan pusat tengah sisik tampak kehitaman.

  1. Benigoi

Lebih mirip ikan mas dengan warna orange dominan pada seluruh bagian tubuhnya. Pada bagian sirip punggung, sepasang sirip dada dan sepasang antena di daerah mulut juga didominasi warna utama. Ikan benigoi ini juga disebut memiliki varietas ogon.

  1. Kinki Matsuba

Ikan ini memiliki warna dasar silver dengan warna kepala lebih terang. Pada setiap tengah sisik tampak sisi hitam dan tepian kuning.

  1. Aka Matsuba

Berbeda dengan ikan kinki, ikan yang masih dalam famili matsuba ini berwarna dasar merah sehingga disebut aka. Di setiap tengah sisik tampak lebih gelap dengan tepian berwarna merah.

  1. Platinum Ogon

Ikan yang berwarna silver di seluruh tubuhnya dan tampak mengkilat apabila terkena cahaya matahari. Merupakan ikan koi yang melambangkan kemewahan dan bagi sebagian orang dipercaya sebagai ikan perak.

  1. Yamabuki Ogon

Ikan ini masih dalam famili ogon namun yang memberdakan adalah warna dominan kuning dengan tepian putih. Warna kuning juga tampak lebih cerah pada derah kepala ikan yamabuki ini.

Ke 20 varietas ikan koi diatas memiliki keunikan tersendiri, bentuknya yang indah dan warna yang menawan membuat para pecinta koi menyayanginya. Bersantai di taman sambil menikmati sejuknya hawa pagi dan indahnya tarian ikan koi dalam koala, memang nikmat dan patut dicoba bersama secangkir ocha yang menyegarkan. Anda harus mencobanya..

Sumber : Ogata Koi Farm, Japan

20 Varietas Ikan Koi yang Indah untuk Dipelihara


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2016
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: