INFO DUNIA PERIKANAN

Home » Tak Berkategori » PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT PADA RUMPUT LAUT

PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT PADA RUMPUT LAUT

JENIS BAKTERI GEJALANYA
1.    Penyakit Jamur –         Jamur banyak dijumpai pada beberapa jenis rumput laut seperti jenis Thalassia dan Sar-gassum sp. Jamur yang dijumpai adalah: Hydra thalassiae (sejenis jamur Ascomicetes).

–         Pada thalassia jamur ini dapat menembus daun dari ujung bagian atas dan menyebabkan perubahan warna. Pada Sargassum sp. Hydra thalassiae menyerang bagian gelembung udara yang meyebabkan gelembung berwarna cokelat tua, lembek dan megkerut seperti kismis. Oleh karena itu penyakit ini dinamakan “penyakit kismis”.

–         Jamur yang menyerang Laminaria adalah : phycomelaina laminariae. Jamur ini meng- hasilkan getah berupa getah bulatan-bulatan pada bagian tangkai mata dan meyebabkan perubahan menjadi hitam pada stomata atau benang jamur, serta menyebar seperti bisul. Ascocarp dan spermogonia tumbuh dibagian pseudostroma, berwarna hitam dan berbentuk lingkaran atau oval pada tanaman.

2.     Penyakit Ice-Ice –         Ice-ice” adalah penyakit yang banyak menyerang tanaman rumput laut jenis Euchema Sp yang ditandai dengan timbulnya bintik putih/ bercak-bercak pada sebagian thallus yang lama kelamaan kehilangan warna dan menjadi putih dan terputus. Penyakit “ice-ice” timbul karena adanya mikroba yang menyerang tanaman rumput laut yang lemah.

–         Gejala yang diperlihatkan adalah pertumbuhan yang lambat dan perubahan warna menjadi pucat atau berwarna tidak cerah, seluruh thallus pada beberapa cabang menjadi putih dan membusuk. Euchema dapat terserang “ice-ice” : terutama disebabkan karena perubahan lingkungan seperti: arus, suhu dan kecerahan dilokasi budidaya. Tingkat penyerangannya terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini sesuai dengan pendapat Trono (1974), bahwa penyebab “ice-ice ” adalah perubahan lingkungan yang tidak sesuai untuk pertumbuhan yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh rumput laut. Sedangkan Uyenco et al (1981) mengatakan bahwa : kemungkinan penyebab terjadinya penyakit “ice-ice ini karena adanya bakteri pathogen tertentu terutama pada saat serangan penyakit pada tanaman rumput laut. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya timbulnya bakteri tersebut merupakan serangan skunder. Kemungkinan efektifitas serangan serangan bakteri yang hanya terjadi pada saat pertumbuhan tidak efektif.

3.     Penyakit White Spot –         Penyakit white spote terdapat pada jenis rumput laut Laminara Japonica di Cina. Seperti halnya penyakit “ice-ice” gejala awal peyakit ini ditandai denga terjadinya perubahan warna thallus dari cokelat kekuning-kuningan menjadi putih kemudian menyebar dan pada akhirnya seluruh bagian tanaman membusuk  dan rontok dari tali gantungan.

–         Penyakit “ice-ice dan White spote biasanya terjadi pada bulan April atau Mei di daerah-daerah dengan kecerahan perairan tinggi. Pada kondisi ini tingkat kelarutan unsur nitrat

 

DAFTAR PUSTAKA

Balai Budidaya Laut Lampung, 2001. Teknologi Budidaya Rumput Laut. Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/15/mlai46-indonesia-jadi-tuan-rumah-simposium-rumput-laut-internasional

Sulistijo, 1998. Perkembangan budidaya Rumput Laut di Indonesia, dalam WS. Atmadja dkk.

Tahang H. dan Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan “Rumput Laut Sehat Produksi Meningkat”. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

Tim Penulis PS, 1999. Budidaya, pegolahan dan Pemasaran Rumput Laut, PT. Penebar Swadaya, Jakarta

 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2016
M T W T F S S
« Oct   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  
%d bloggers like this: