INFO DUNIA PERIKANAN

Home » Info » UNTUNG ADA PAK SETU…..!!!!

UNTUNG ADA PAK SETU…..!!!!

Senin, 25 Maret 2013, bertepatan dengan 50 hari usia telur penyu di salah satu titik di pantai Pulau Pandan.  Menurut keterangan Pak Setu, sang penjaga pulau, pada tanggal 4 Februari 2013 ada penyu yang naik dan bertelur di pantai.  Sengaja sarang telur tersebut beliau biarkan dan diberi tanda untuk memudahkan menemukan lokasinya kembali.

 

Berdasarkan referensi yang ada, rata-rata telur penyu akan menetas setelah dia berumur 50 – 60 hari. Salah satu faktor yang menjadi penentu umur penetasan ini adalah suhu.  Embrio penyu akan dapat tumbuh optimal dan menetas pada waktunya apabila berada pada kisaran suhu 24 – 33C.  Di luar kisaran suhu tersebut bisa mengakibatkan kematian embrio alias kegagalan menetasnya telur. Selain berpengaruh terhadap masa inkubasi, suhu juga berpengaruh terhadap jenis kelamin dari penyu yang akan menetas.

 

Keadaan cuaca akhir-akhir ini yang tidak menentu cukup memberikan kekhawatiran apakah telur penyu di Pulau Pandan tersebut akan menetas pada waktunya atau jangan-jangan butuh waktu lebih lama lagi.

 

Tak ingin kehilangan momen menetasnya telur penyu tersebut, tim dari Loka KKPN Pekanbaru telah merencanakan akan turun ke Pulau Pandan untuk melakukan monitoring sekaligus pengamatan terhadap sarang telur penyu tersebut.  Rencananya kami akan turun pada tanggal 25 Maret dan berkemah di sana sampai dengan 27 Maret.  Namun, karena alasan non teknis dan memang faktor cuaca yang kurang memungkinkan, dengan terpaksa rencana turun di tanggal 25 Maret gagal direalisasikan.  Mengecewakan dan menimbulkan kekhawatiran, “Jangan-jangan terlewatkan momen tersebut!  Ah, semoga saja telurnya juga telat netasnya!”

 

Molor satu pekan, akhirnya pada tanggal 1 April kami meluncur ke Pulau Pandan.  Hari sudah menjelang sore, sekitar pukul 3, ketika kami mulai meninggalkan Pelabuhan Bungus.  Setelah menempuh setengah jam perjalanan, akhirnya kami merapat di Pulau Pandan.  Pak Setu menyambut kami di pantai.

 

Pak Setu menyampaikan bahwa penyunya telas menetas pada tanggal 26 Maret!  (“Yaaaah, benar-benar terlewatkan, deh!”).  Dari sejumlah 65 butir telur, menetas semua.  Tukik-tukik tersebut diamankan di bak yang terbuat dari kotak bekas kulkas.  Sesampai di pondok tinggal Pak Setu, kami coba mengecek tukik-tukir tersebut. Alhamdulillah, walaupun terlewatkan momen tersebut, tapi masih berkesempatan menjumpai tukik-tukiknya.  Karena hari sudah sore dan kami harus melakukan persiapan untuk tinggal sekitar 3 hari di pulau, kami memutuskan untuk melepaskan tukik-tukik tersebut esok paginya.

 

Selasa, 2 April 2013, sekitar pukul 7 pagi

Setelah keliling pulau untuk memonitoring keberadaan penyu yang naik untuk bertelur, kami segera menuju ke kotak tempat tukik-tukik ditampung sementara.  Kondisi tukik-tukik tersebut nampak sehat.  Hal ini terlihat dari gerakannya yang masih lincah.  Untuk membawanya ke pantai, kami memindahkan tukik-tukik tersebut ke dalam baskom.  Sambil dihitung ulang, dan cocok, jumlahnya memang 65 ekor!

Kami  bawa tukik-tukik tersebut ke pantai, tepat di bekas sarang tempatnya selama kurang lebih 50 hari dalam masa inkubasi.  Dan, saatnya untuk melepas tukik-tukik tersebut ke alam bebas. Hmmmm……, momen yang sangat menggembirakan, melihat tukik-tukik tersebut begitu semangatnya “berlarian” menuju ke laut.

 

Selamat jalan tukik, semoga kalian dapat survive dan tumbuh hingga dewasa……

 

Untung ada Pak Setu!  Walau kecewa karena terlewatkan momen melihat menetasnya telur penyu secara langsung, tapi masih bisa melihat dan melepas tukik-tukik tersebut ke alam bebas.

 

Matur tengkyu, Pak Setu!!!

tukik di kotak bekas kulkas

pemindahan tukik ke baskom

sang tukik

senangnya mencium aroma laut…., akhirnya aku bisa menuju ke sana

Pak Setu

ayo, kamu bisa!

laut… laut….
by. Wawan Darmawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2013
M T W T F S S
« Mar   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: