INFO DUNIA PERIKANAN

Home » Tak Berkategori » TEKNIK RESTOCKING IKAN TERUBUK

TEKNIK RESTOCKING IKAN TERUBUK

Ikan Terubuk adalah ikan pemakan plankton. Populasi ikan terubuk saat ini sangat menurun bahkan sedikit sekali yang dapat ditangkap oleh nelayan. Hal ini sangat dimungkinkan karena telah mengalami tekanan ganda, yaitu akibat penangkapan secara terus menerus terhadap ikan betina dewasa (terubuk) guna diambil telur-nya dan kecenderungan degradasi lingkungan (terutama disebabkan oleh serbuk kayu) pada daerah habitat utama ikan tersebut.

ikan-terubuk-kian-langka

Kesulitan untuk melakukan budidaya dikarenakan ikan ini penyebarannya sangat terbatas seperti di perairan estuarin di sekitar wilayah pulau Bengkalis (Riau) sehingga apabila ingin melakukan budidaya harus mendatangkan dari alam. Oleh karena itu ikan terubuk termasuk hewan yang harus direstoking untuk menjaga kelestariannya di alam, strategi untuk pengelolaan ikan terubuk  diantaranya:

  1. Untuk mengarahkan agar kegiatan penangkapan ini tidak bersifat destruktif bahkan mengancam kelestariannya maka perlu diperkenalkan teknik penangkapan yang sederhana dan ramah lingkungan.
  2. Melakukan penebaran (stocking) ke perairan umum, kegiatan ini perlu di awali dengan uji coba pada perairan yang luasnya terbatas dan dikaji dampaknya terhadap populasi jenis ikan lain yang ada di perairan tersebut. Dari kajian ini diharapkan akan diperoleh informasi mengenai dampak (positif atau negatif) dari kegiatan stocking tersebut. Stocking benih ikan terubuk ini nantinya diharapkan mampu meningkatkan produksi ikan terubuk dari perairan umum.
  3. Data tentang penyebaran dan potensi ikan terubuk perlu dikumpulkan dan dianalisis. Pada saat ini data-data hasil penelitian tersebar di beberapa perguruan tinggi dan lembaga-lembaga penelitian serta lembaga lainnya, bertujuan untuk melakukan pemetaan distribusi dan potensi ikan terubuk di perairan estuarin di sekitar wilayah pulau Bengkalis (Riau), peta tersebut minimal menginformasikan tentang penyebaran jenis, kelimpahan dan stadia ikan terubuk yang ada di perairan estuarin di sekitar wilayah pulau Bengkalis (Riau)
  4. Perlu perda tentang pengelolaan terubuk, termasuk aturan tentang batasan dan waktu penangkapan misalnya pada musim bertelur, dilarang melakukan penangkapan untuk menjaga perkembangbiakannya, karena ada kecenderungan penangkapan terubuk sudah tidak terkendali, misalnya saat ini terubuk untuk yang bertelur pun jadi sasaran penangkapan.
  5. Perlu dibuat tempat khusus untuk memelihara glass eel dan elver sampai menjadi terubuk dewasa, terubuk dewasa selanjutnya dilepas ke danau, sungai dan perairan umum lainnya. Hal ini penting karena pada stadia glass eel dan elver akibat penurunan kualitas lingkungan serta adanya pemanfaatan perairan untuk kepentingan lainnya dapat menyebabkan ruayanya terganggu, sehingga jumlah anak terubuk yang memasuki muara sungai akan mengalami penurunan, hal ini dapat mengancam populasi terubuk di suatu perairan. Beberapa penelitian menyebutkan perubahan ruaya terubuk dapat terjadi akibat perubahan iklim, penurunan kualitas linkungan dan pencemaran sungai termasuk pemanfaatan perairan untuk kepentingan lain yang dapat mengganggu migrasinya, misalnya jumlah glass eel yang memasuki sungai-sungai merupakan proses yang paling rawan. Saat itu, tingkat kematian cukup tinggi dan biasanya yang bertahan sampai ikan menjadi dewasa tidak kurang dari 40 persennya. Bahkan sumber lain menyebutkan 18 spesies terubuk dunia awal penyebarannya dari Indonesia kemudian menyebar ke daerah lain akibat pengaruh iklim dan penurunan kualitas lingkungan perairan.
  6. Diharapkan keberadaan species terubuk ini dapat menjadi perhatian semua pihak, workshop, penelitian terus menerus perlu dilakukan khususnya bagaimana memijahkan dan menggalakkan budidaya.

sumber: AQ


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2013
M T W T F S S
    Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  
%d bloggers like this: